Cara Berbisnis Pakaian DI Eropa

0 Comments

Cara Berbisnis Pakaian DI Eropa – Dibawah ini adalah tips untuk kalian semua yang ingin berbisnis di pasar eropa tahun 2020 saat ini. Pastikan anda membaca dengan teliti setiap informasi ini! Selamat membaca.

Pasar pakaian Eropa bergerak sangat cepat dan Persaingan sangat ketat. Pembeli di Eropa terbiasa dengan perdagangan global dan sangat cerdas dalam menemukan pemasok yang sesuai dengan profil mereka. Faktor terpenting yang akan mereka perhatikan ketika memilih lokasi sumber (baru) atau pemasok baru adalah: lokasi (perdagangan bebas, stabilitas politik); kecepatan (lead time pendek); upah minimum yang rendah; harga / kualitas; dan desain. Melihat kelima faktor tersebut, pembeli Eropa akan mencari rasio terbaik. Berikut adalah tips untuk membantu Anda dan melihat kebutuhan pembeli lain sebagai pemasok negara berkembang. idn play

  •  Manfaat dari Skema Preferensi Umum

Dalam memilih pemasok baru, banyak pembeli Eropa saat ini akan fokus pada negara-negara dengan upah rendah dan “GSP”. GSP adalah singkatan dari Generalised Scheme of Preferences (GSP) Eropa, sebuah skema yang memungkinkan beberapa negara berkembang membayar lebih sedikit atau tidak ada bea atas ekspor ke Eropa. Karena tenaga kerja di China tumbuh lebih mahal, banyak pembeli ingin menemukan negara sumber baru yang dapat menawarkan produk dan tingkat layanan yang sama, tetapi dengan manfaat GSP. Jika Anda berbasis di negara GSP, komunikasikan dengan jelas.

Cara Berbisnis Pakaian DI Eropa1
  •  Lakukan penelitian pasar menyeluruh, jangan buang waktu dan uang dengan tindakan acak

Banyak produk pakaian yang dijual di Eropa diproduksi di negara berkembang. Tetapi tidak berarti mudah untuk mendapatkan pijakan di pasar Eropa sebagai pemasok negara berkembang. Pasarnya kompleks dan bergerak cepat dengan banyak ceruk, saluran, dan jenis pembeli. Agar berhasil, Anda harus menemukan bisnis yang tepat untuk bekerja dengannya. Itu membutuhkan banyak riset pasar.

Mulailah dengan mengidentifikasi segmen pasar mana yang cocok dengan penawaran Anda. Temukan sebanyak mungkin pembeli di segmen itu dan lihat perbedaannya untuk mencari tahu mana yang paling mungkin berbisnis dengan Anda. Perhatikan bahwa ini juga berarti Anda harus memiliki gagasan yang jelas tentang poin penjualan unik Anda sendiri (USP).

Bandingkan juga berbagai negara, dengan melihat tren, harga, dan persyaratan impor. Penelitian semacam ini dapat memakan waktu, tetapi dalam jangka panjang akan menghemat waktu Anda dan, saat Anda berupaya menargetkan upaya Anda dengan cermat, ini akan menghasilkan hasil yang lebih baik.

  • Berkomunikasi, mengirim sampel, dan mengirimkan dengan cepat dan efisien

Pasar Eropa untuk pakaian sangat modis. Ini berarti kain, pencuci, pelapis dan hiasan selalu diganti dengan yang baru. Waktu pengiriman rata-rata untuk mode cepat maksimal 6-10 minggu dan bisa sesingkat 2 minggu.

Tren baru adalah bagi pengecer untuk fokus pada “manajemen buku terlaris”, yaitu, kemampuan untuk mengisi ulang rak mereka dengan barang-barang populer sementara mereka masih panas – sering dalam beberapa hari atau minggu.

Untuk mempertahankan kecepatan tinggi dalam rantai pasokan dan proses konfirmasi, pastikan Anda menawarkan pelanggan efisiensi maksimum dalam komunikasi Anda dengan membalas dengan cepat dan jelas.

Mempersingkat waktu tunggu sampel juga akan memberi Anda keunggulan dalam persaingan, karena itu berarti pembeli akan dapat turun ke bisnis dengan Anda – dan mengisi ulang rak mereka dengan produk baru – lebih cepat. Banyak pemasok yang lebih besar saat ini membuka ruang sampel di Eropa, menempatkannya tepat di sebelah kantor pelanggan terbesar mereka (ruang sampel untuk menampilkan sampel produk kepada pembeli yang tertarik). Ini menambah kecepatan lebih banyak untuk proses konfirmasi.

Sebagai contoh, cukup banyak pabrikan memiliki ruang sampel di sekitar Inditex di Spanyol, perusahaan multinasional yang terkenal dengan rantai fesyennya Zara.

  • Pastikan harga Anda transparan dan logis jaga agar serendah mungkin

Harga adalah faktor kunci lain dalam pikiran setiap pembeli Eropa. Dengan sebagian besar segmen pasar di Eropa sedang jenuh, pengecer pasar menengah semuanya memperebutkan konsumen yang sama dan, sejauh ini, harga telah menjadi satu-satunya instrumen mereka. Pertama, pastikan rasio kualitas-harga Anda benar; kedua, buat harga Anda sekompetitif mungkin.

Banyak pemasok berusaha menghindari persaingan harga dengan memanjat rantai pasokan dan memasuki segmen pasar yang lebih tinggi. Untuk melakukan ini dengan sukses, buat rencana yang solid untuk meningkatkan penawaran Anda terlebih dahulu. Mendapatkan rasio kualitas harga yang tepat sangat penting. Ini akan melibatkan penilaian bahan dan aksesori yang Anda gunakan, teknik dan peralatan yang Anda gunakan dan seberapa baik Anda menggunakannya, tingkat layanan Anda dan pemasaran keseluruhan Anda.

Perhatikan bahwa tingkat layanan dari pelanggan menengah ke atas lebih banyak menuntut dan bahwa Anda akan dikenakan biaya lebih banyak untuk memenuhi permintaan mereka daripada para pembeli volume. Melayani pelanggan-pelanggan ini seringkali membutuhkan tidak hanya tim dagang dan layanan yang berbeda, tetapi juga pengaturan pembuatan yang berbeda.

Pengecer kecil hingga menengah, terutama, pada awalnya akan lebih fokus pada produk dan harga yang ditawarkan oleh pakaian jadi daripada pada rantai pasokan secara keseluruhan. Untuk pengecer besar, prioritas pertama adalah rantai pasokan dan bagaimana itu sesuai dengan standar mereka dalam hal kontrol dan transparansi.

  • Pastikan produk Anda sesuai dengan peraturan dan persyaratan kualitas

Selain  kecepatan dan harga, Anda harus fokus tanpa henti pada kualitas produk dan layanan Anda. Banyak pemasok dari negara berkembang gagal di Eropa karena kualitas kain dan perakitan yang buruk. Mimpi terburuk pembeli adalah penarikan produk atau daftar di situs web Rapex yang ditakuti (lihat kiat di bawah). Anda dapat meyakinkan pembeli Anda dengan memastikan produk Anda mematuhi persyaratan legislatif dan pasar.

  • Terima persyaratan pembayaran yang lebih lama

Karena resesi ekonomi, ketentuan pembayaran di Eropa semakin panjang dan pembayaran uang muka menjadi kurang umum. Bersiaplah untuk menunggu uang Anda – dan sadari bahwa pemasok yang memiliki ketahanan finansial untuk melakukan ini akan memiliki lebih banyak peluang untuk mendapatkan pesanan. Pembeli besar di Eropa, terutama, akan menetapkan waktu pembayaran mereka sendiri, seringkali 90 hari atau lebih, tanpa memberikan ruang untuk negosiasi. Jika Anda dapat bernegosiasi, sadarilah bahwa Anda harus menawarkan nilai bagus – misalnya, layanan tambahan atau waktu pengiriman yang lebih baik – untuk mendapatkan ketentuan pembayaran yang lebih mudah.

  • Menarik lebih banyak pembeli dengan menawarkan mereka one-stop shop – sendiri atau bersama-sama

Karena kebutuhan akan efisiensi waktu dan biaya, pembeli Eropa mencari negara dan / atau pemasok yang menawarkan berbagai produk dan / atau layanan. Tidak ada pembeli yang akan memilih lokasi sumber baru di mana ia hanya dapat sumber satu produk.

Ini berarti bahwa sebagai pemasok, Anda harus melakukan diversifikasi, sehingga Anda dapat menerima pesanan dalam berbagai kelompok produk (manajemen kategori). Anda dapat melakukan ini sebagai perusahaan perorangan, tetapi juga dengan berkelompok dengan pemasok pakaian lain di daerah Anda. Jika Anda memilih opsi kedua ini, pastikan anggota cluster menerapkan standar kualitas dan layanan yang sama.

Juga, pastikan untuk mengoordinasikan kegiatan (promosi) Anda dan untuk menghadirkan kluster Anda sebagai kolektif; dengan cara itu prospek akan memandang Anda sebagai toko serba ada dengan penawaran yang koheren, bukan sebagai kelompok bisnis acak yang melakukan hal-hal yang sama sekali tidak terkait. Membuat kolektif produsen ini akan mendorong pembeli ke arah peningkatan bisnis. Pendekatan satu pintu Anda tidak hanya akan menarik pembeli baru, tetapi juga memaksimalkan bisnis yang sudah ada.

Perhatikan bahwa secara kolektif membangun koleksi berfungsi paling baik untuk pelanggan kecil dan menengah. Pengecer besar membutuhkan efisiensi tinggi agar dapat bersaing di tingkat harga: mereka lebih suka fokus pada setiap produk, bukan pada diversifikasi.

  • Bertujuan untuk kinerja tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang sempurna – dan beri tahu pembeli Anda tentang hal itu

Pembeli Eropa sangat khawatir terjebak dalam skandal (media) apa pun. Ini bisa menjadi skandal yang berpusat pada kondisi sosial yang buruk di pabrik-pabrik pemasok mereka, kurang bayar pekerja, pekerja anak, atau masalah lingkungan yang terkait dengan produk mereka. Tanda-tanda rasa tidak hormat pada orang (buruh), planet (lingkungan) dan keuntungan (transaksi tidak adil) dapat menyebabkan kerusakan reputasi pembeli yang besar – kadang bahkan tidak dapat diperbaiki.

Contoh utama skandal manufaktur pakaian jadi adalah tragedi Rana Plaza pada 2013, di mana keruntuhan pabrik garmen menewaskan lebih dari seribu orang. Ini menjadi kecelakaan industri terburuk dalam sejarah Bangladesh dan menyebabkan konsumen dan bisnis menyuarakan perlunya kepatuhan penuh dan tanggung jawab sosial perusahaan lebih keras dari sebelumnya.

Sebagai pemasok, Anda harus memastikan bahwa bisnis dan komunikasi Anda sejalan dengan kenyataan baru ini. Tinjau semua praktik dan produk Anda untuk memastikan perusahaan Anda tidak akan pernah menjadi penyebab skandal terkait orang, planet, atau laba. Dan begitu Anda yakin akan hal itu, komunikasikan tentang hal itu dengan pembeli Anda: yakinkan mereka bahwa Anda memahami risiko dan sensitivitas di bidang ini dan telah mengambil setiap langkah yang mungkin untuk menghindarinya.

Pastikan kinerja CSR Anda tidak hanya berpusat pada persyaratan pembeli Anda, tetapi pada nilai Anda sendiri. Menceritakan kisah CSR Anda tidak hanya penting bagi pembeli tetapi juga bagi konsumen akhir. Semakin banyak perusahaan mempromosikan kinerja CSR mereka – bersama dengan organisasi mereka secara umum – menggunakan media online seperti Facebook, YouTube atau Instagram.

Cara Berbisnis Pakaian DI Eropa
  • berkomunikasi dengan kata kunci yang jelas dan konsisten

Salah satu keluhan utama pembeli Eropa yang mengungkapkan tentang pemasok dari negara-negara berkembang adalah mereka tidak berkomunikasi dengan baik. Jika Anda ingin meraih – dan mempertahankan – perhatian pelanggan potensial, Anda harus berkomunikasi dengan jelas dan konsisten.

Untuk pembeli yang terlalu terstimulasi hari ini, pemasok yang telah mengembangkan pesan pemasaran yang jelas dan konsisten dan dapat menyampaikannya dengan kata-kata kunci yang sederhana, komprehensif dan mudah diingat, sangat menarik. Pembeli menyukai pendekatan yang jelas, sopan, tanpa omong kosong – dan mereka lebih menyukainya jika Anda menerapkannya di seluruh jajaran dokumen profil perusahaan Anda, halaman web, materi foto atau brosur dan komunikasi pribadi.

  • tepat waktu, transparan, dan proaktif

tepat waktu dan transparan adalah aspek penting lain dari komunikasi yang efektif dengan pembeli Eropa. Ini berarti, misalnya, bahwa Anda harus cepat dan jujur dalam menjawab email, memberikan informasi yang jelas, dapat dijangkau oleh pelanggan Anda, memberi tahu mereka tentang perubahan, keterlambatan atau masalah, dan tetap mendapat informasi tentang bisnis mereka dengan mengikuti perkembangan mereka, mengajukan pertanyaan dan mencoba memahami tantangan mereka.

Demikian informasi bagaimana cara anda berjualan di pasar eropa dengan baik dan benar! Terimakasih sudah membaca artikel kami!